.
A. Definisi
Komputasi Matematika
Komputasi
Matematika didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi elektronik komputer dalam
pembelajaran matematika yang memberi penguatan terhadap pola perubahan
paradigma pembelajaran sehingga penggunaan teknologi informasi dan multimedia
menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi
kepada peserta didik. Komputer merupakan salah satu teknologi informasi yang
memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya
dalam pembelajaran matematika. Banyak hal abstrak atau imajinatif yang sulit
dipikirkan oleh peserta didik dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer.
Latihan
dan percobaan-percobaan eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik
dengan menggunakan program-program sederhana untuk penanaman dan penguatan
konsep, membuat permodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan
masalah. Terdapat beberapa bentuk interaksi pembelajaran dengan bantuan komputer,
yaitu bentuk latihan dan praktek, tutorial, permainan, simulasi, penemuan
interaktif, presentasi atau demonstrasi, komunikasi tes, sumber informasi, dan
pemecahan masalah serta berbagai bentuk interaksi lainnya.
B. Implementasi Komputasi Matematika
Pada Software Maple
Konsep
pertama dari Maple muncul dari pertemuan pada November 1980 di University of
Waterloo. Para peneliti di universitas ingin membeli komputer cukup kuat untuk
menjalankan Macsyma. Sebaliknya, diputuskan bahwa mereka akan mengembangkan
komputer mereka sendiri sistem aljabar yang akan mampu berjalan di komputer
lebih wajar memiliki harga. Versi terbatas pertama muncul pada Desember 1980
dengan Maple menunjukkan pertama di awal konferensi pada tahun 1982. Nama ini
referensi untuk warisan Kanada Maple itu. Pada akhir 1983, lebih dari 50
universitas memiliki salinan dari Maple diinstal pada mesin mereka.
Dengan memanfaatkan program ini, kedepan akan muncul pelajar-pelajar indonesia
yang hebat disemua bidang keilmuan karena memang sekarang ini matematika
menjadi dasar dari pengembangan semua cabang keilmuan.
Software
Program Maple merupakan software program yang membantu pekerjaan manusia dengan tingkat kepuasan sangat baik, karena memiliki
perintah-perintah program matematika yang lengkap. Simbol-simbol yang digunakan
sama dengan simbol matematika secara teoritis. Selain itu software Maple
ini mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika yang rumit.
Dilengkapi dengan tampilan-tampilan grafik baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.
Sumber Refrensi :
Abell Martha
L. and Braselton James P, 2005, Maple by Example, Third Edition, Elsevier
Academic Press
Setiawan,
Iwan. 2008. Teknologi yang Bebas, Legal dan Terbuka.
Surakarta:
Erlangga.
Siregar,
Suryadi. 2003. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jakarta:
Institut
Sains danTeknologi Al-Kamal.
Soedjadi.
2001. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Gaylord,
Richard J., Kamin, Samuel N., and Wellin, Paul R., 1996, Introduction to
Programming
with Maple, Second Edition, TELOS/Springer-Verlag,.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar