Kamis, 10 Maret 2016

IMPLEMENTASI KOMPUTASI PADA BIDANG MATEMATIKA



.            A.       Definisi Komputasi Matematika
Komputasi Matematika didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi elektronik komputer dalam pembelajaran matematika yang memberi penguatan terhadap pola perubahan paradigma pembelajaran sehingga penggunaan teknologi informasi dan multimedia menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. Komputer merupakan salah satu teknologi informasi yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Banyak hal abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan oleh peserta didik dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer.
Latihan dan percobaan-percobaan eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik dengan menggunakan program-program sederhana untuk penanaman dan penguatan konsep, membuat permodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah. Terdapat beberapa bentuk interaksi pembelajaran dengan bantuan komputer, yaitu bentuk latihan dan praktek, tutorial, permainan, simulasi, penemuan interaktif, presentasi atau demonstrasi, komunikasi tes, sumber informasi, dan pemecahan masalah serta berbagai bentuk interaksi lainnya.


            B.        Implementasi Komputasi Matematika Pada Software Maple
Konsep pertama dari Maple muncul dari pertemuan pada November 1980 di University of Waterloo. Para peneliti di universitas ingin membeli komputer cukup kuat untuk menjalankan Macsyma. Sebaliknya, diputuskan bahwa mereka akan mengembangkan komputer mereka sendiri sistem aljabar yang akan mampu berjalan di komputer lebih wajar memiliki harga. Versi terbatas pertama muncul pada Desember 1980 dengan Maple menunjukkan pertama di awal konferensi pada tahun 1982. Nama ini referensi untuk warisan Kanada Maple itu. Pada akhir 1983, lebih dari 50 universitas memiliki salinan dari Maple diinstal pada mesin mereka.
Dengan memanfaatkan program ini, kedepan akan muncul pelajar-pelajar indonesia yang hebat disemua bidang keilmuan karena memang sekarang ini matematika menjadi dasar dari pengembangan semua cabang keilmuan.
Software Program Maple  merupakan software program yang membantu pekerjaan manusia dengan tingkat kepuasan sangat baik, karena memiliki perintah-perintah program matematika yang lengkap. Simbol-simbol yang digunakan sama dengan simbol matematika secara teoritis. Selain itu software Maple  ini mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika yang rumit. Dilengkapi dengan tampilan-tampilan grafik baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.




Sumber Refrensi :
Abell Martha L. and Braselton James P, 2005, Maple by Example, Third Edition, Elsevier Academic Press

Setiawan, Iwan. 2008. Teknologi yang Bebas, Legal dan Terbuka.
Surakarta: Erlangga.

Siregar, Suryadi. 2003. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jakarta:
Institut Sains danTeknologi Al-Kamal.

Soedjadi. 2001. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Gaylord, Richard J., Kamin, Samuel N., and Wellin, Paul R., 1996, Introduction to
Programming with Maple, Second Edition, TELOS/Springer-Verlag,.

 
TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

Tidak ada komentar: