Kamis, 10 Maret 2016

Artikel Mengenai Teori Komputasi

Teori Komputasi


A.       Pengertian Komputasi

Komputasi bisa didefinisikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah atau pencarian solusi dari data yang diinput dengan menggunakan suatu algoritma atau perhitungan tertentu. Komputasi berasal dari kata dasar bahasa inggris “compute” artinya menghitung. Teori komputasi, mempunyai suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pulpen atau pensil dan kertas, atau kapur dan batu tulis, , kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel buatan manual. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer berteknologi canggih yang telah banyak berkembang pada zaman sekarang.
Kata “komputer” pertama kali pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Pada perkembangannya komputer akhirnya menjadi sebuah mesin yang bisa melakukan semua kegiatan komputasi.

B.    Teori Komputasi 

Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam implementasinya biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu dan teori dalam komputasi.

C.    Definisi Teknologi Komputasi

Teknologi Komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak yang menjadi bagian dalam sistem komputer. Bagian-bagian tersebut merupakan spesifik dari teknologi komputer yang dapat menjadi media penyaluran dan pemrosesan data ataupun informasi. Ilmu komputer sendiri diartikan sebagai kajian dan ilmu dasar teori informasi dan komputasi serta implementasi dan aplikasinya dalam sistem komputer. 
  
     D.   Implementasi Komputasi dalam Berbagai Bidang  
  • Bidang Fisika penggunaan Computational Physics yang mempelajari algoritma numerik untuk memecah kan teori kuantitatif fisika yang ada
  • Bidang Ekonomi penggunaan Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.
  •  Bidang Kimia penggunaan Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia, contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul. 
  • Bidang Biologi, Bioinformatics merupakan aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer dalam penelitian bidang biologi molekuler.
  • Bidang Matematika,yaitu numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah - masalah matematika. 
  • Bidang Geologi, pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah. 
Sumber referensi :
http://ryoxdue.blogspot.com/2013/03/artikel-tentang-sejarah-komputasi-modern_15.html



TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

Tidak ada komentar: